contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Mendunia dengan menulis

twitter

Rabu, 15 Desember 2010


Singapura - Bocoran kabel-kabel WikiLeaks membuat hubungan Singapura dan Malaysia yang penuh onak berduri menjadi hambar. Malaysia pada hari Selasa (14/12) menyerahkan surat protes ke Singapura untuk mengekspresikan 'ketidaksenangan' atas kritik para pejabat Singapura sebagaimana dibocorkan oleh WikiLeaks pekan lalu.

Menteri Luar Negeri Anifah Aman memanggil Komisaris Tinggi Singapura untuk Malaysia T. Jasudasen menyerahkan surat protes resmi tersebut. Demikian dilansir media Singapura, The Straits Times, edisi Rabu (15/12/2010).


Ini merupakan pernyataan resmi pertama Malaysia sejak WiliLeaks membocorkan nota-nota diplomatik yang berisi cercaan pejabat Singapura pada pejabat empat negara yaitu Malaysia, Thailand, India dan Jepang. Bocoran ini dimuat oleh kelompok media Fairfax Australia akhir pekan lalu.

Khusus untuk Malaysia, pejabat Singapura menyebut pemimpin Malaysia  'tidak kompeten' dan Perdana Menteri Najib Razak disebut 'oportunis'. Menteri Mentor Lee Kuan Yew juga dilaporkan telah berkomentar atas tuduhan sodomi pemimpin oposisi Anwar Ibrahim. Singapura percaya sodomi itu terjadi.

Menlu Malaysia menyebut cercaan itu sebagai "komentar tidak adil yang dibuat oleh pejabat senior dari Kementerian Luar Negeri Singapura mengenai kepemimpinan Malaysia dan situasi di negara Malaysia'.

Menlu Malaysia juga "menyampaikan keprihatinan yang mendalam Malaysia dan tidak senang atas komentar itu seperti diungkapkan oleh WikiLeaks dan selanjutnya dilaporkan di media.


Sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/12/15/114837/1525165/10/dampak-wikileaks-malaysia-kirim-nota-protes-ke-singapura?n991101605

0

0 komentar:

Posting Komentar

indonesia

Time

weather

bloguez.com

online

Links

free counters